8 Teknologi Canggih Yang Sudah Ada Sejak Jaman Dulu!

8 Teknologi Canggih Yang Sudah Ada Sejak Jaman Dulu! - Sekarang ini perkembangan teknologi zaman sekarang sangat jauh berbeda dengan teknologi yang ada pada zaman dulu, seperti komputer yang dulunya berukuran sebesar ruangan! kini sangat tipis dan bisa di bawa kemana-mana. Jika kita menengok beberapa ratus tahun kebelakang, teknologi yang di gunakan orang-orang pada masa itu sangatlah kuno dan sangat berbeda dengan keadaan saat ini.

Jika kita berbicara tentang teknologi, yang terlintas di pikiran kita adalah alat-alat canggih seperti smarthphone,notebook,internet dan masih banyak lagi!. 

Tapi tahukah sobat! bahwa sebenarnya dulu ada beberapa alat-alat canggih yang pernah di buat yang tidak terpikirkan  saat ini. Penasaran apa saja teknologi itu, berikut 5 Teknologi canggih yang sudah ada sejak jaman dulu! dari Holoskop

8 Teknologi Canggih Yang Sudah Ada Sejak Jaman Dulu!

Teknologi Canggih Yang Sudah Ada Sejak Jaman Dulu

1. Sepeda Motor Roda Satu (1931)

 Sepeda Motor Roda Satu

Jika sobat pernah menonton film-film robot, biasanya sobat akan melihat motor canggih dengan hanya satu roda. Berangkat dari film, saat ini perusahaan sepeda motor RYNO dikabarkan tengah memproduksi motor roda satu yang kabarnya akan mulai di jual dalam waktu dekat. Tapi tahukah sobat!, sebenarnya motor roda satu sudah di temukan sejak jaman dulu pada tahun 1931 di italia.

2. Sepeda Amphibi/Sepeda Air (1932)

Sepeda Amphibi/Sepeda Air

Jika anda melihat motor Jetski dan sepeda air, Ternyata! pada tahun 1932, di Paris telah di temukan sepeda amphibi atau sepeda air yang dapat berjalan di air dan di darat. Mungkin sepeda yang satu ini menjadi cikal bakal lahirnya kendaraan-kendaraan keren saat ini yang juga bisa berjalan di air.

3. GPS (1930)

GPS jadul

Saat ini kita tidak perlu lagi takut tersesat sejak adanya teknologi GPS, apalagi ketika Google Maps dan Windows Maps mengoptimalkan layanan peta mereka. Namun, tahukah sobat pada tahun 1930 di Spanyol orang-orang sudah menggunakan teknologi GPS yang disebut Iter Avto.

Sebenarnya pada tahun 1920 silam sudah ada teknologi yang sama yaitu "Plus Fours Routefinder". Alat ini memiliki bentuk seperti jam tangan dengan sistem hampir sama seperti yang dimiliki Iter Avto, namun yang berbeda Iter Avto menggunakan kecepatan kendaraan sehingga hasilnya lebih akurat dan real time, tidak seperti Plus Fours Routefinder yang masih diputar-putarr dengan jari secara manual.

4. Jaket Penghangat Elektrik (1932)

Jaket Penghangat Elektrik

Pada gambar di sebelah kiri ada jaket elektrik keren yang bermerk "Ravean" yang memiliki fitur canggih, yaitu mampu menghangatkat tubuh pemakainya. Namun, ternayata! pada tahun 1932 Jaket penghangat elektrik telah lebih dahulu di gunakan oleh para polisi lalu lintas Amerika Serikat yang juga biasa bertugas di kala musim dingin.

5. Koran Fax (1938)

koran fax

Saat ini koran dapat di nikmati di mana saja, bahkan dapat dikirimkan melalui internet. Pada 1938 di New York, terbitlah koran pertama yang menggunakan teknologi wireless. Koran itu dikirimkan via fax dari stasiun radio WOR di New York. Koran yang di hasilkan sangat unik karena bentuknya yang memanjang, di balik bentuknya yang aneh teknologi yang di gunakan bisa di katakan sangat canggih pada masa itu,karena pengiriman menggunakan fax secara wireless tanpa perlu repot-repot pergi ke loker koran.

6. Kamera Pistol (1938)

Kamera Pistol, gun camera

Jika sekarang kita mengenal yang namanya kamera aksi atau action cam yang memiliki ukuran kecil,nah ternyata ada kamera keren yang memiliki ukuruan mungil yang berbentuk pistol. Kamera pistol ini diperkenalkan di New York pada tahun 1938. Namun sayangnya, tak hasil gambar dari kamera ini tidak dipublikasikan. Ide pembuatan kamera ini sangatlah tak terpikirkan dan mungkin sangat berguna untuk keperluan penyidikan.

7. Topi Radio (1931)

Topi Radio

Selanjutnya ada Topi yang memiliki fitur Radio. Ya! pada saat itu belum ada smartphone yang memiliki  radio dan headshet yang bisa di bawa kemana-mana. Namun pada tahun 1931 di amerika ada inovasi keren yang paling populer dan paling di cari saat itu, itu adalah Radio Hat yang bisa di bawa kemana-mana. Keren kan!

8. Mobil Segala Medan (1936)

Mobil Segala Medan

Jika sobat salah satu pecinta olahraga offroad, sobat mesti tahu mobil keren yang satu ini!. Mobil ini memiliki 10 roda yang mampu melewati segala medan. Pada 1936, Inggris telah memperkenalkan mobil yang memiliki 10 roda yang terpasang terpisah. Setelah di uji, mobil ini tidak bakalan terbalik,bahkan pada kemiringan 65 derajat.

Nah, keren-keren kan! teknologi jaman dulu. Semua teknologi di atas menjadi cikal bakal beberapa alat-alat canggih yang ada sekarang, namun ada juga teknologi yang sudah tidak di kembangkan lagi tanpa alasan yang jelas.

Baca Juga :


Bagi sobat yang mengetahui alat atau teknolgi canggih selain di atas, mohon untuk memberithukannya kepada kami di kolom komentar. 

Jangan biarkan teman-teman kalian kudet, segera share artikel ini dan nantikan artikel menarik lainnya dari Holoskop

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »