Ini Dia 4 Kelebihan USB Type-C Yang Harus Kamu Tahu!

Kelebihan USB Type-C

Ini Dia 4 Kelebihan USB Type-C Yang Harus Kamu Tahu! - Saat ini smartphone adalah magnet utama bagi hampir semua orang, tidak peduli dia anak muda atau orang tua. Satu alasan orang ingin menggunakan smartphone adalah karena, menggunakan teknologi yang super canggih dan sangat membantu untuk menyelesaikan  masalah sehari-hari

Salah satu teknologi terbaru dari smartphone adalah port USB Type-C. Ya! teknologi ini merupakan upgrade dari versi sebelumnya yaitu USB Mikro Type-B. Berdasarkan dari segi teknologi sudah jelas bahwa USB Type-C lebih unggul di bandingkan sebelumnya. 

Perangkat pertama yang menggunakan USB Type-C ini adalah Apple Macbook kemudian di susul dengan kehadiran Iphone dan smartphone ternama lainnya. Nah! bagi sobat yang pengen banget tahu tentang kelebihan USB yang satu ini, berikut penjelasannya dari Holoskop!.

4 Kelebihan USB Type-C

Kelebihan USB Type-C

1. Bentuk Ramping dan Reversible

Kelebihan USB Type-C

Kelebihan paling mencolok dari usb yang satu ini adalah bentuknya yang ramping, sehingga cocok untuk smartphone-smartphone dengan desain tipis. Selain ramping, bentuk dari usb tipe ini sangat reversible, yang artinya semua bagian dari konektor ini berfungsi, sehingga sobat tidak usah lagi takut dengan pemasangan usb yang terbalik. 

2. Transfer Data Lebih Cepat dan Stabil

Kelebihan USB Type-C

Tidak bisa di pungkiri, kecepatan transfer data oleh USB Type-C ini adalah senjata utama dari konektor yang satu ini. Bahkan katanya port ini mampu memindahkan data dari pc dengan kecepatan mencapai 10 Gbps bahkan lebih, atau bisa dikatakan teknologi ini 2 kali lebih cepat dibandingkan USB 3.0 yang memiliki kecepatan hanya mencapai 5 Gbps, dan juga USB 2.0 yang rata-rata memiliki kecepatan hanya  480 mbps. 

3. Pengisian Daya Jauh Lebih cepat

Kelebihan USB Type-C

USB Type-C memang di gadang-gadang dapat mengisi daya perangkat dengan lebih cepat, tentunya ini di dukung dengan fitur Fast Charging yang telah di sematkan ke dalamnya. Pasalnya USB yang satu ini mampu dialiri arus listrik besar dengan daya hingga 20 Volt dan 5 A, yang jauh lebih besar dibandingkan dengan tipe pendahulunya yang hanya sebatas 5 Volt dan 1.8 A saja.

4. Bisa Menampilkan Gambar Resolusi 4K

Kelebihan USB Type-C

Nah, Salah satu kelebihan lain USB Type C ini adalah mampu menampilkan gambar beresolusi 4K ketika disambungkan ke perangkat yang lebih besar seperti Proyektor,TV bahkan Video Tron. Namun kita masih harus memerlukan konektor tambahan untuk menghubungkan dari Smartphone ke perangkat lain, pasalnya beberapa perangkat seperti tv dan proyektor masih harus menggunakan kabel VGA dan HDMI.

Sebenarnya masih ada satu lagi kelebihan dari USB Type-C ini, yaitu kita bebas cabut pasang hingga 10 ribu kali, namun ini masih belum bisa di buktikan karena belum pernah ada yang mencobanya. Bagi sobat yang tidak menginginkan port atau kable usbnya rusak, sebaiknya ketika mencabut dan memasangn hanya harus hati-hati

Banyak juga yang bertanya, apa sih keleman USB Type-C? jawabannya sangat sederhana! hanya satu! Karena perangkat yang di dukung masih sedikit jadi kalo multitasking mungkin agak ribet.

Baca Juga :


Bagi sobat yang mengetahui kelebihan lain dari USB Type-C selain yang ada di atas, sobat menyematkanya di kolom komentar. 

Jangan biarkan teman-teman kalian kudet, segera share artikel ini dan nantikan artikel menarik lainnya dari Holoskop



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »